Tabel Periodik Unsur Kimia Susunan Unsur dan Keterangannya - Gubuk RPP

Iklan atas

Tabel Periodik Unsur Kimia Susunan Unsur dan Keterangannya

Tabel Periodik Unsur Kimia Susunan Unsur dan Keterangannya


Gubuk RPP menyediakan Tabel Periodik Unsur Kimia Susunan Unsur dan Keterangan dan link downloadnya di akhir postingan.

Tabel Periodik Unsur Kimia

Tabel periodik unsur kimia merupakan salah satu alat yang paling penting dalam ilmu kimia. Tabel ini mengelompokkan unsur-unsur kimia berdasarkan sifat-sifat kimia mereka dan menyajikan informasi penting tentang setiap unsur. Dalam artikel ini, kita akan membahas susunan tabel periodik unsur kimia dan keterangannya serta bagaimana memahami sifat-sifat kimia dari tabel ini.

Tabel periodik unsur kimia pertama kali dikembangkan oleh Dmitri Mendeleev pada tahun 1869. Tabel ini terdiri dari kolom-kolom vertikal yang disebut sebagai golongan atau kelompok dan baris-baris horizontal yang disebut sebagai periode. Setiap golongan dalam tabel periodik memiliki unsur-unsur yang memiliki sifat kimia yang serupa, sedangkan setiap periode mengelompokkan unsur-unsur berdasarkan urutan jumlah elektron di kulit terluar atom.

Setiap unsur dalam tabel periodik diberi simbol kimia yang terdiri dari satu atau dua huruf. Misalnya, unsur karbon diberi simbol C, unsur hidrogen diberi simbol H, dan sebagainya. Selain itu, setiap unsur juga memiliki nomor atom yang menunjukkan jumlah proton yang dimiliki atom unsur tersebut. Nomor atom biasanya dituliskan di bawah simbol kimia.

Susunan Unsur Kimia Dan Keterangannya

Berikut adalah beberapa istilah pada tabel periodik yang perlu diketahui oleh Grameds untuk memahami unsur kimia:

1. Periode

Periode adalah baris horizontal pada tabel periodik kimia yang memiliki tren horizontal yang lebih signifikan daripada tren vertikal. Blok f pada tabel periodik menunjukkan lantanida dan aktinida, yang membentuk dua seri unsur horizontal yang penting dalam menentukan unsur kimia.

2. Golongan

Golongan pada tabel periodik juga dikenal sebagai famili, yaitu kolom vertikal pada tabel periodik dengan tren periodik. Golongan tidak tergantung pada periode atau blok tertentu.

3. Blok-s

Blok-s pada tabel periodik kimia terdiri dari unsur-unsur dari dua golongan, yaitu logam alkali dan alkali tanah. Blok-s juga berisi unsur tambahan seperti hidrogen dan helium.

4. Blok-p

Blok-p pada tabel periodik terdiri dari enam golongan, yaitu golongan 13 hingga 18 sesuai dengan ketentuan IUPAC atau 3A hingga 8A sesuai dengan penamaan Amerika. Sebagian besar unsur pada blok-p adalah metaloid.

5. Blok-d

Blok-d pada tabel periodik terdiri dari golongan 3B hingga 2B dalam sistem penggolongan Amerika. Semua unsur dalam blok-d adalah logam transisi.

6. Asal Unsur di Bumi

Ada 94 unsur yang terbentuk secara alami di Bumi, sedangkan 24 unsur lainnya terbentuk secara artifisial melalui reaksi nuklir. Ada 83 unsur yang dianggap stabil atau radioaktif lemah dan dianggap primordial. Sisanya dianggap unsur fanal karena memiliki waktu paruh yang sangat singkat. Ada 5 unsur fanal yaitu polonium, radon, radium, actinium, dan protactinium, yang merupakan produk peluruhan dari torium. 6 unsur fanal lainnya terbentuk melalui reaksi nuklir langka yang melibatkan titanium atau unsur-unsur berat. Sisa unsur tersebut adalah teknisium, astatin, prometium, neptunium, fransium, dan plutonium.

Link Download Tabel Periodik Unsur Kimia

Tabel Periodik di Merck. (disini)
Tabel Periodik di National Library of Medicine. 
(disini)

0 Response to "Tabel Periodik Unsur Kimia Susunan Unsur dan Keterangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel