Kumpulan RPP 1 Lembar Daring Dan Luring Prakarya SMP Semua Kelas
Kumpulan RPP 1 Lembar Daring Dan Luring Prakarya SMP Semua Kelas bisa langsung dapatkan melalui link di akhir postingan ini.
Kabar gamebira bagi kita semua terutama para rekan-rekan guru dengan kebijakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu Bapak Nadiem Makarim pada masa pemerintahan Jokowi jilid yang ke II ini. RPP 1 halaman ini hanya memerlukan 3 komponen saja yaitu Tujuan, Kegiatan dan Penilaian. Berbeda dengan Versi Lamanya yang bisa memuat belasan komponen sehingga menghabiskan 2-3 rim kertas.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berharap kepada seluruh Guru Indonesia dengan kehadiran RPP 1 halaman ini bisa menjadi alternatif yang terbaik dapat membawa perubahan dan kemajuan Pendidikan di NKRI ini.
Pengolahan administrasi pendidikan yang rapi dan administratif, sangat penting guna meningkatkan kinerja lembaga pendidikan di Indonesia. Peningkatan kinerja tersebut akan mengubah konsekuensi positif menjadi efisiensi, mutu dan pelayanan pendidikan bagi peserta didik. Sebuah lembaga pendidikan bisa dikatakan baik apabila pembelajaran tertib dan terarah.
Format RPP Guru 2020 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Berdasarakan kemdikbud nomer 22 tahun 2016 terkait dengan pendidikan dasar dan menengah, bahwa rencana belajar tatap muka untuk satu pertemuan atau selebihnya dikembangkan dari silabus. RPP satu halaman atau 1 lembar sesuai dengan kebijakan baru kemdikbud. Guru bebas memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP satu halaman sesuai prinsip Efisien, Efektif, Berorientasi dan Modifikasi.
RPP satu lembar daring dan luring ini sesuai berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 14 tahun 2019 tanggal 10 Desember 2019 mengenai Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Nah, berkaitan dengan kebijakan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim RPP 1 lembar. Situs GUBUK RPP akan berbagi Kumpulan RPP 1 Lembar Daring Dan Luring Prakarya SMP Semua Kelas .
Sebagai seorang guru wajib memiliki perangkat pembelajaran RPP 1 halaman. Perangkat pembelajaran merupakan alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang mungkin guru dan siswa melakukan kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu perangkat pembelajaran RPP guru akan memiliki pegangan dalam melaksanakan pembelajaran di secara tatap muka ataupun secara daring.
Contoh RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 7 8 9 Semester 1 dan 2
Catatan untuk rekan – rekan bapak dan ibu guru. Dalam pembuatan rpp perlu mengikuti 3 unsur yang harus dipenuhi yaitu tujuan pembelajaran, langkah – langkah pembelajaran, serta hasil penilaian. Seperti contoh rpp dibawah ini.
Contoh RPP 1 Lembar Prakarya
(Sesuai edaran nomer 14 tahun 2019)
Sekolah : SMPN 1 AjibarangMata Pelajaran : Prakarya
Kelas/Semester : VII/ 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
KD : -
Pertemuan ke : 1
Materi : Komoditas tanaman obat yang dapat dikembangkan
TUJUAN PEMBELAJARAN
Mendeskripsikan perkembangan dinamika Pancasila sebagai dasar Negara dari masa ke masa
Membuat laporan secara kelompok tentang perkembangan dinamika Pancasila sebagai dasar Negara dari masa ke masa
Mempresentasikan hasil laporan secara kelompok tentang dinamika Pancasila sebagai dasar negara
PENDAHULUAN
Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK)
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking)
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah 1. Klarifikasi Masalah
a. Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 3´ orang
b. Peserta didik diminta untuk mengamati Gambar 1.1, Gambar 1.2 dan tugas mandiri 1.2 atau guru dapat menayangkan video atau tayangan lain yang sesuai dengan tema upaya penerapan Pancasila sebagai dasar Negara dari masa ke masa
Langkah 2. Brainstorming
a. Peserta didik dibentuk menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 3´ orang
b. Peserta didik diminta untuk mengamati Gambar 1.1, Gambar 1.2 dan tugas mandiri 1.2 atau guru dapat menayangkan video atau tayangan lain yang sesuai dengan materi Komoditas tanaman obat yang dapat dikembangkan
Langkah 3. Pengumpulan Informasi dan Data
a. Untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun peserta didik diminta untuk membaca uraian materi di buku siswa kelas IX Bab I Bagian A. Juga mencari melalui sumber belajar lain seperti buku referensi lain dan internet
b. Peserta didik secara kelompok juga mencari informasi sesuai Tugas Kelompok 1.1 dan Tugas Mandiri 1.2, melalui buku, bertanya kepada guru, melakukan pengamatan, membuka Internet, dan sebagainya
Langkah 4. Berbagi Informasi dan Berdiskusi untuk Menemukan Solusi Penyelesaian Masalah
a. Peserta didik mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya, seperti apa perbedaan dan persamaan pengalaman sejarah mengubah dasar negara dan apa akibat yang ditimbulkan apabila Pancasila tidak dilaksanakan
oleh bangsa Indonesia?
b. Peserta didik secara kelompok menyimpulkan tentang dinamika perkembangan Pancasila dari masa ke masa
Langkah 5. Presentasi Hasil Penyelesaian Masalah
a. Peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentang pengalaman sejarah mengubah dasar negara Pancasila dan penerapan
Pancasila pada masa orde baru dan reformasi, laporan dapat berupa displai bahan tayang, maupun ditulis dalam selembar kertas. Manfaatkan sumber daya alam atau bahan bekas yang ada di lingkungan peserta didik untuk membuat bahan tayang
b. Peserta didik mendiskusikan dan membuat kesepakatan tentang tata tertib selama penyajian materi oleh kelompok.
c. Guru memberikan konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar dengan pujian atau tepuk tangan bersama
Langkah 6. Refleksi
a. Peserta didik melakukan reflesi, resume dan membuat kesimpulan secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi Komoditas tanaman obat yang dapat dikembangkan
b. Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik
PENUTUP
Guru bersama peserta didik merefleksikan pengalaman belajar hari ini dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa
C, PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari tes pengetahuan, pengamatan sikap dan presentasi unjuk kerja projek sebagai nilai ketrampilan.
Mengetahui ………… , ……….2021
KepalaSekolah …………. Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Kumpulan RPP 1 Lembar Daring Dan Luring Prakarya SMP Semua Kelas
RPP 1 lembar dibuat semata mata untuk mempermudah administrasi para rekan guru se Indonesia, RPP wajib dipegang setelah memiliki silabus sebelum melakukan pembelajaran. RPP 1 lembar ini adalah sebuah alat atau perangkat yang hanya berisi 3 komponen saja yang disederhanakan dari 23 komponen yaitu tujuan, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, kompetensi, materi ajar, metode pengajaran, langkah langkah dan penilaian serta promes, prota kkm.
Untuk rekan guru yang ingin memperoleh administrasi guru yang lainnya klik Situs GUBUK RPP. silahkan dapatkan Kumpulan RPP 1 Lembar Daring Dan Luring Prakarya SMP Semua Kelas dibawah ini dan jangan lupa bagikan ke rekan guru yang lainya agar bermanfaat.
- RPP 1 Lembar Daring & Luring Prakarya SMP Kelas 7 [Dapatkan]
- RPP 1 Lembar Daring & Luring Prakarya SMP Kelas 8 [Dapatkan]
- RPP 1 Lembar Daring & Luring Prakarya SMP Kelas 9 [Dapatkan]
Demikianlah Kumpulan RPP 1 Lembar Daring Dan Luring Prakarya SMP Semua Kelas seperti yang dipaparkan diatas, semoga bisa melengkapi 8 dari 10 persen bisa membantu rekan-rekan guru untuk melengkapi administrasi, jika artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan link kepada rekan yang membutuhkan atau rekan rekan guru yang belum mengetahui alamat situs ini dan jangan lupa untuk berlangganan dari situs gubukrpp.blogspot.com
0 Response to "Kumpulan RPP 1 Lembar Daring Dan Luring Prakarya SMP Semua Kelas"
Post a Comment